10 CARA MENGURANGI LUPA DALAM BELAJAR





Salam sahabat guru di manapun anda berada kali ini saya akan share sedikit tips agar pelajaran yang anda sampaikan tidak mudah di lupa oleh anak didik kita, lupa mungkin adalah sesuatu yang manusiawi dan pernah di alami oleh siapapun ,namun tidak ada salahnya kita berusaha mengurangi resiko itu terutama dalam proses pembelajaran di kelas, berikut ini saya akan sajika 10 cara mengurangi lupa dalam belajar pada siswa yang saya kutip dari beberapa buku dan pengalaman saya sendiri.
  1. Overlearning, metode belajar ini ini bisa di sebut dengan metode melebihi batas penguasaan dasar atas materi pelajaran tertentu, Overlearning terjadi apabila respons atau reaksi tertentu muncul setelah siswa melakukan pembelajaran atas respons tersebut dengan cara di luar kebiasaan. Contohnya seperti pembacaan teks pancasila setiap hari senin, membaca doa belajar setiap mengawali proses pembelajaran, dan beberapa kebiasaan lainnya. Saya sendiri pernah sering menerapkan metode ini terutama pada pelajaran matematika khususnya untuk perkalian yang saya terapkan setiap pagi sebelum anak-anak belajar.
  2. Extra Study Time, metode ini dilakukan dengan menambah waktu belajar atau menambah frekuensi aktifitas belajar, misalnya dari satu jam menjadi satu setengah jam , atau sekali sehari menjadi dua kali sehari.
  3. Mnemonic Device, metode ini biasa kita kenal dengan alat pengait mental yang di sebut dengan laci pikiran,  metode ini memiliki banyak cara di antaranya : menggunakan teknik nyanyian dengan memasukkan materi kita dalam bentuk lagu yang di nyanyikan bersama-sama sebelum masuk ke materi inti, menggunakan teknik singkatan contoh menghafal nama nabi Adam, Nuh, Ibrahim, dan Musa dengan menyingkatnya menjadi ANIM, menggunakan teknik Peg Word System yaitu teknik kata pasak dengan membentuk pasangan kata seperti panas-api, dingin-es, bulat-bola, dan lain sebagainya.
  4. Clustering, metode ini biasa juga di sebut dengan metode pengelompokan dimana materi utama di bagi menjadi materi-materi yang kecil yang di anggap sama dengan materi yang lain contoh : materi Sumber daya alam di ajarkan pada mata pelajaran IPA, IPS, BAHASA INDONESIA, dan PKN untuk lebih mudahnya materi-materi di atas kita cari persamaan materinya kemudian kita sajikan dalam satu waktu, di Indonesia ini kita kenal dengan tematik.
  5. Distributed Practice , metode ini di lakukan dengan mengerjakan latihan soal/tugas yang pendek kemudian diselingi dengan istirahat singkat kemudian di lanjutkan kembali dengan mengerjakan soal/tugas yang pendek, contoh : siswa mengerjakan tugas matematika maksimal 5 nomor saja ( tergantung tingkat kesulitan materi) setealh itu siswa yang telah selesai di persilahkan beristirahat atau melakukan aktifitas bebas seperti membaca dengan waktu yang tidak terlalu lama misalnya 5 menit atau 3 menit setelah itu guru kembali memberikan soal yang sama dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi.
  6. Kata Berkait, metode ini sangat ampuh untuk diterapkan dalam beberapa pelajaran seperti sains, ips dan bahasa siswa cukup kita minta untuk menuliskan istilah atau kata yang berhubungan dengan pelajaran yang telah mereka dapatkan dalam sehari ataupun selama seminggu.
  7. Motivasi, lakukan ini pada awal dan penutupan materi berikan mereka motivasi akan manfaat mempelajari ilmu yang anda berikan saat itu.
  8. Review, setiap kali memberikan materi berusahalah untuk mengaitkan kembali pelajaran yang telah anda berikan sebelumnya, proses ini penting anda lakukan untuk menjaga ingatan siswa akan pembahasan sebelumnya.
  9. Materi Pokok, Cobalah selalu menunjukkan unsur-unsur pokok sebelum menunjukkan unsur-unsur penunjang yang relevan dalam materi pelajaran yang anda sajikan, ini bisa anda lakukan dengan memakai alat peraga pengajaran dengan tulisan berwarna kontras seperti kuning merah dan hijau.
  10. Konfirmasi, terakhir akhirilah pelajaran anda dengan selalu memberikan pertanyaan kepada siswa anda, berikanlah pertanyaan dengan santai, singkat, jelas, dan tanpa desakan.
Nah sahabat guru sekalian demikian sedikit tips dari saya semoga dapat bermanfaat jika ada saran dan masukan sialhkan berikan komentar.



Terima Kasih.

0 Response to "10 CARA MENGURANGI LUPA DALAM BELAJAR"

Posting Komentar