5 LANGKAH MELAKSANAKAN DISKUSI DI KELAS

Para sahabat pendidik di Indonesia kali ini kami akan memberikan 5 langkah melaksanakan diskusi di kelas, dan bagi anda yang sering menerapkan metode pembelajaran ini namun belum begitu mendapatkan hasil yang maksimal, tidak ada salahnya anda menyimak serta mempraktekkan langkah-langkah diskusi di kelas yang akan kami sajikan berikut ini, nah langsung saja disimak.

5 LANGKAH MELAKSANAKAN DISKUSI DI KELAS
5 LANGKAH MELAKSANAKAN DISKUSI DI KELAS

JELASKAN TUJUAN DISKUSI

Sebelum memulai diskusi sebaiknya jelaskan tujuan diskusi kepada siswa anda, point-point diskusi, serta aturan-aturan dalam diskusi. Jangan lupa menerangkan kepada sisiwa jenis-jenis pertanyaan apa saja yang dapat mereka lontarkan kepada kelompok lain. Persoalan yang akan diangkat dalam diskusi juga harus jelas batasannya, jangan sampai siswa keluar dari topik diskusi. Terakhir jangan lupa antisipasi keributan atau kegaduhan dengan cara menerapkan standar perilaku saat berdiskusi.

PERTAHANKAN JALANNYA DISKUSI

Untuk memulai diskusi anda dapat meminta salah seorang murid anda untuk memulai membuka diskusi dengan cara memberikan pertanyaan awal, jika mereka masih ragu anda dapat memberikan pertanyaan pancingan untuk memulainya. Tanggapan yang diberikan harus didengarkan dengan sopan oleh murid yang lain, jika pemberi komentar tidak dapat didengar dengan jelas oleh murid lain maka pemberi komentar dapat dihadirkan di depan kelas. Murid dapat menjelaskan komentar dengan menggunakan papan tulis, slide (jika memungkinkan), atau dengan menggunakan mind map (peta pikiran) untuk menjelaskan argumen atau pendapat mereka dengan jelas.

Sebagi mediator anda tetap harus mengontrol murid anda baik yang memberikan pertanyaan ataupun yang menjawab, sesekali bantulah murid anda jika mereka kesulitan mengungkapkan kalimat dengan bahasa baku, atau membantu menerangkan pertanyaan yang sulit dimengerti murid lain. Jagalah diskusi agar tetap kondusif dan nyaman, jangan biarkan ada murid yang terlalu mendominasi semua jawaban dari pertanyaan diskusi, usahakan anda membagi kesempatan menjawab kepada kelompok lain untuk menghindari perselisihan. Jika dirasa pertanyaannya cukup sulit berikan kesempatan 3 atau 2 menit kepada siswa untuk menyiapkan jawabannya, tidak perlu tergesa-gesa yang penting adalah kualitas jawaban mereka yang harus anda nilai.

AWASI JALANNYA DISKUSI

Terkadang saat diskusi ada beberapa siswa yang memberikan pertanyaan di luar topik, maka anda harus mengingatkan dengan bahasa yang halus, dan berikan pengertian bahwa pertanyaan mereka kana dibahas pada diskusi yang lain.

AKHIRILAH DISKUSI DENGAN BAIK

Tutuplah diskusi dengan sebuah kesimpulan, anda dapat menjadi pembicara untuk memberikan informasi apa yang diperoleh selama diskusi berlangsung, rangkumlah semua pertanyaan dan komentar siswa menjadi sebuah kesimpulan yang dikaitkan dengan topik diskusi.

BERIKAN EVALUASI

Berikanlah tes kepada siswa anda untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan yang mereka dapat selama diskusi berlangsung, anda dapat memberikan evaluasi dengan menggunakan instrumen yang beraneka ragam, baik secara tertulis maupun lisan. Berikan reward kepada siswa yang mampu menjawab pertanyaan dengan sempurna ini akan meningkatkan semangat mereka untuk kembali aktif dalam diskusi-diskusi yang anda akan laksanakan dikemudian hari.

Demikianlah 5 langkah melaksanakan diskusi di kelas, namun sebaik apapun anda merancang sebuah diskusi agar tetap kondusif tetap saja akan anda masalah-masalah yang akan anda temui, oleh karena itu catatlah kendala-kendala yang menurut anda sangat besar potensinya untuk muncul saat diskusi dan pikirkan solusinya.

MENGATASI ANAK YANG MINDER DALAM DISKUSI

Sebelum kita tutup kami akan memberikan tips agar siswa mau memberanikan diri dan tidak minder saat berdiskusi, agar seluruh siswa dapat berpartisipasi secara merata berikut kiat-kiatnya :

  • Buatlah monitoring diskusi ini dapat anda lakukan sendiri atau meminta bantuan siswa untuk melihat siapa diantara mereka yang sering memberikan komentar atau pertanyaan dan begitu juga sebaliknya.
  • Memberikan talking token, yaitu jatah bicara yang akan dilepas ketika setiap kali siswa tersebut berkomentar, dan ketika tokennya telah habis maka dia harus berhenti berkomentar, ini akan memacu siswa lain yang masih mempunyai token untuk berkomentar, tips ini dapat anda sesuaikan dengan kondisi di kelas jika anda belum sempat membuat token bisa dengan cara menuliskannya di papan tulis.
  • Menggunakan teknik jawab lempar, teknik ini selain mampu meningkatkan partisipasi siswa juga memiliki unsur fun, karena siswa yang mampu menjawab pertanyaan yang diberikan akan memiliki hak untuk melemprkan pertanyaan kepada siswa lain yang diinginkannya, namun anda harus menjaga karena teknik ini cukup rawan konflik.
  • Memberikan point reward kepada kelompok yang menjawab pertanyaan yang diberikan, teknik ini hampir sama dengan metode cerdas cermat, di mana point reward yang diperoleh setiap kelompok akan dijumlah pada akhir diskusi dan akan dipilih kelompok yang memiliki point tertinggi untuk keluar sebagai juara.
Baiklah sahabat pendidik di manapun anda berada itulah 5 langkah melaksanakan diskusi di kelas , selamat berkreativitas semoga apa yang kami sajikan dapat bermanfaat.

Terimak Kasih,
 

0 Response to "5 LANGKAH MELAKSANAKAN DISKUSI DI KELAS"

Posting Komentar