10 CARA MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN


10 CARA MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN

Sahabat guru dimana saja anda berada pada kesempatan kali ini saya akan share 10 cara bagaimana menjadi guru yang menyenangkan, menciptakan suasana yang harmonis antara guru dengan murid kita adalah sebuah cara untuk mencapai tujuan pembelajaran, jika sebagai guru kita mampu mengambil simpati dan perhatian mereka niscaya apapun yang kita sajikan kepada mereka akan diterima dengan baik, berikut 10 cara menajdi guru yang menyenangkan.

  1. Jalankan profesi anda tanpa harus mempersoalkan besar kecilnya gaji yang kita terima setiap bulannya, niatkanlah kepergian anda tidak lain dan tidak bukan untuk mendidik anak anda sendiri.
  2. Pada saat mengajar berusahalah untuk banyak tersenyum kepada siswa, jadikan diri anda sebagai pribadi yang menyenangkan, ini akan bermanfaat untuk menciptakan suasana belajar yang kondusif.
  3. Perbanyaklah komunikasi secara aktif dan akrab kepada siswa , banyak-banyaklah ngobrol bersama mereka baik saat anda mengajar di dalam kelas maupun di luar jam pelajaran.
  4. Sesekali ajaklah siswa anda berbicara secara intelektual tapi di bungkus dengan suasana humor, berikanlah informasi kepada siswa anda tentang pengetahuan yang masih asing bagi mereka, ini akan bermanfaat agar menarik perhatian siswa pada saat anda berbicara didepan kelas.
  5. Jangan mengambil keputusan tentang murid anda dalam keadaan emosi atau marah.
  6. Bijaksanalah dalam memahami kesalahan-kesalahan siswa anda yang terkadang wajar dilakukan anak kecil yang belum terlalu banyak tahu tentang salah dan benar.
  7. Hindari membanding-bandingkan dua siswa yang bebeda tingkat pemahamannya dalam pelajaran, Jangan anda hanya condong memberikan perhatian hanya kepada siswa yang pintar saja.
  8. Carilah informasi tentang hal-hal apa saja yang disukai siswa-siswa anda demikian pula dengan cara pandang, pola pikir,dan perasaan mereka.
  9. Tanyakan kepada siswa apa saja hambatan mereka dalam memahami pelajaran, dan bersabarlah dalam memberikan pemahaman ulang kepada mereka.
  10. Sesekali ajaklah siswa anda untuk bermain-main untuk membangun rasa simpati dan kedekatan emosional anda dengan mereka.
Nah sahabat guru sekalian demikianlah 10 cara bagaimana menjadi guru yang menyenangkan sedikit pengalaman saya dalam mendekatkan diri dengan siswa, mudah-mudahan dapat  bermanfaat silahkan berikan masukan dan komentar.

Terima Kasih,

0 Response to "10 CARA MENJADI GURU YANG MENYENANGKAN"

Posting Komentar